Kamis, 04 Oktober 2012

Chevrolet Vega 1971

Mengevakuasi Sang Little Camaro Dari Kepunahan.
halo brother Otomodif apa ada yang suka mobil klasik, ni dia gue kasih sedikit mobil klasik buat loe loe semua, yu langsung aja kita liat ...

Sepintas jika pertama kali melihat tampangnya, orang awam pasti akan mengira kalau mobil ini adalah sebuah Chevrolet Camaro Z28 yang pernah digunakan di seri perdana film laga berjudul 'Transformer'. Bahkan bentuk lampu depan dan bumper depannya pun sangat mirip dengan sedan berjuluk Bumblebee yang digunakan di film garapan Hollywood, Amerika Serikat itu.
chevrolet vega
Eitsss....Anda jangan tertipu dulu. Coba perhatikan baik-baik...! Sebenarnya mobil ini adalah sebuah Chevrolet Vega, yang jika dilihat dari riwayat hidupnya, dikembangkan oleh pihak GM (General Motors) selama 2 tahun dari 1968 dan kemudian diproduksi mulai tahun 1970 hingga 1977.
chevrolet vega
Nah...sekitar dua bulan silam, tepatnya Juli 2012, Tri Dharma I Gusti Ngurah yang kemudian menjadi pemilik selanjutnya dari subcompact car asal negeri Paman Sam ini berhasil memergokinya di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah. Kondisinya ketika itu secara keseluruhan masih cukup lengkap dan baik, dimana dashboard, jok, lampu-lampu, lis bodi berlapis krom, bumper depan-belakang, grill, tutup tangki bahan bakar, kaki-kaki, serta emblem "Vega" di depan kap mesin masih berstatus orisinil.
chevrolet vega
Bahkan yang paling mengagumkan yaitu ketika cikal-bakal hadirnya Chevrolet Monza di dunia ini hendak dibawa ke Jakarta. Tanpa perlu ragu-ragu lagi, Tri pun langsung mengemudikannya sendiri dari Yogyakarta hingga ke Jakarta dengan melalui jalan darat, dan tanpa mengalami kendala yang berarti. Wow...!
chevrolet vega
Usut punya usut, dibalik ruang mesinnya rupanya telah bersemayamlah segelondong mesin 3K milik Toyota Corolla, berikut dengan girboks 4 speed-nya. Oh, pantas saja...! "Pemilik sebelumnya sengaja mengadopsikan mesin 3K ini karena mesin aslinya mobil ini sudah rusak dan tak bisa dioperasikan lagi. Selain itu, spareparts asli mesinnya pun sudah sangat sulit dicari," ujar Tri Dharma, yang tercatat juga sebagai salah satu pengurus di PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia).
chevrolet vega
Walaupun begitu, kondisi seperti ini tak lantas membuat Tri berpuas diri. Konon mulai 2013 mendatang, coupe setir kiri ini diperkirakan akan mulai menjalani serangkaian proses restorasi demi mengembalikan sosok aslinya ketika pertama kali dilahirkan ke dunia, sekaligus sebagai ujud pelestarian akan keberadaan Chevrolet Vega di Bumi Pertiwi.
chevrolet vega
Nantinya, coupe berjuluk 'Little Camaro' ini tidak akan lagi dipersenjatai mesin 4 silinder segaris bawaan asli mobil ini, melainkan mesin V8 small-block Chevrolet yang tentunya bertenaga lebih beringas. Selanjutnya, keberingasan mesin barunya itu akan ditunjang dengan tubuh yang dilapis cat berkelir kuning, yang selanjutnya dikombinasikan
dengan 2 striping khas American Muscle Car berwarna hitam yang meluncur dari moncong hingga buritan.
chevrolet vega
Wah...udah kebayang deh seberapa sangarnya tampangnya nanti. Kita tunggu saja kelahirannya kembali ke dunia di 2013 mendatang...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar